Thursday, March 24, 2011

Profesi dalam Industri

Vocalist/Singer
Penyanyi membawakan lagu/komposisi musik melalui nada suara dan irama. Penyanyi/vokalis membawakan lagu dengan cara acapela (tanpa diiringi instrumen musik) atau dengan diiringi instrumen musik tunggal, band sampai orkestra. Menyanyikan lagu juga dapat dilakukan bersama-sama dalam paduan suara dengan rentang suara yang berbeda atau dalam sebuah ensemble dengan instrumentalis seperi grup rock.

Penyanyi profesional biasanya membangun karir mereka sekitar satu genre musik tertentu.


Musician
Musisi/instrumentalis dapat memainkan/menguasai  satu alat musik/instrumen musik atau lebih. Biasanya membawakan komposisi lagu/musik secara solo, dalam sebuah band atau orkestra baik untuk mengiringi penyanyi atau instrumental.
Songwriter
Penulis lagu atau lebih dikenal juga dengan sebutan pencipta lagu adalah seorang artis yang menciptakan lagu dari mulai komposisi musik hingga lirik. Ada juga yang hanya menulis lirik atau disebut juga dengan penulis lirik sedangkan pencipta musiknya disebut dengan komponis. Pada jaman dulu hanya pencipta lagulah yang membawakan lagu-lagu mereka. Sekarang pencipta lagu dapat bekerja sebagai hanya seorang pencipta lagu. Beberapa dari mereka mewakili dirinya sendiri sebagai penerbit musik/music publisher sementara yang lainnya diwakili oleh label/perusahaan penerbit (publisher company). Perusahaan penerbit ini berkembang sejalan dengan hak royalti yang bisa dihasilkan oleh seorang pencipta lagu.
Music Composer
Komposer musik mengkomposisi/menggubah/menyusun sebuah lagu ke dalam notasi musik untuk dimainkan oleh artis penyanyi dan atau pengiring musik.
Music Arranger
Sebuah komposisi musik pop dapat diaransemen ulang kedalam sebuah komposisi musik orkestra, atau komposisi musik rock dirubah sedemikian rupa atau diaransemen ulang agar dapat dibawakan dengan sentuhan jazz. Seorang arranger mengubah/menambah/mengurangi sebuah komposisi agar dapat dibawakan dengan cara yang berbeda.
Founder & Manager of Music School
Pendiri & pengelola sekolah musik menyelenggarakan sistem pendidikan musik dan kurikulumnya. 
Music Teacher
Sejak musik menjadi sebuah industri, semua profesi yang mendukung berkembangnya bakat seorang artis musik atau musisi menjadi juga sangat penting termasuk juga guru musik.
Music Producer
Produser musik adalah orang yang beranggung jawab terhadap proses produksi rekaman dari persiapan lagu, artis, peralatan yang digunakan sampai hasil dari produksi rekaman itu sendiri. Cakupannya bisa 1, 2 lagu yang diproduksi atau bahkan sampai 1 album.
Music Director
Direktur musik biasanya ada pada sebuah kegiatan bermusik baik dari sebuah band, orkestra, film ataupun pada sebuah institusi seperti stasiun radio, tempat hiburan yang menampilkan atau menggunakan musik sebagai fasilitas menghibur. Hal-hal yang dilakukan lebih kepada mengarahkan musik yang dibawakan/ditampilkan.
Sound Engineer
Atau dikenal juga dengan insinyur audio yaitu seseorang yang terampil menggunakan peralatan rekam audio (baik software maupun hardware) dan juga tahu teknik cara pengambilan suara yang dihasilkan dalam proses produksi rekaman.
Music Programmer
Pemrogram komputer ataupun perangkat lainnya untuk menghasilkan suara/musik. Pemrograman digunakan dalam hampir semua jenis musik elektronik.
Founder & Manager of Record Company
Individu yang mewakili sebuah perusahaan rekaman, mengelola produksi, manufaktur, distribusi, pemasaran, promosi, memberikan perlindungan hukum hak cipta rekaman suara, melakukan talent scouting dan pengembangan seniman baru serta mempertahankan kontrak dengan artis rekaman dan manajer mereka.
Music Publisher
Penerbit musik (atau perusahaan penerbitan) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa penulis lagu dan komposer menerima pembayaran ketika komposisi mereka digunakan secara komersial.
Music Publicist
Atau lebih dikenal dengan sebutan public relation, berfungsi sebagai jembatan penghubung antara artis, individu pelaku seni musik dengan media.
Music Distributor
Penjualan produk musik dilakukan oleh distributor, bisa individu ataupun organisasi berbentuk perusahaan distribusi. Distributor menyebarluaskan produk musik melalui toko-toko musik offline ataupun online melalui situs penjual musik.
Music Promoter
Mempromosikan produk musik bisa dilakukan oleh artisnya sendiri ataupun organisasi yang mengatasnamakan artis tersebut ataupun di luar organisasi manajemen artis. Promosi ini menindaklanjuti sebuah produk musik (artis, band, lagu, album) yang baru untuk disampaikan informasinya kepada pasar/konsumen/pendengar musik mereka. Pada era digital sekarang ini memudahkan kerja promotor musik dengan juga memberikan banyak alternatif publikasi yang bisa dilakukan. Promotor pagelaran musik membantu memberikan brand/merek kepada artis/band yang juga mungkin bisa mengembangkan pelanggan setia yang akan mengikuti mereka dari satu kota ke kota yang lain.
Music Marketing
Pemasaran produk musik lebih menekankan pada pembinaan pendengar mereka agar selalu setia membeli produk musik yang dihasilkan seorang artis/band. Bukan hanya produk musik saja yang bisa dijual kepada pendengar setia/fans, tapi juga produk-produk suvenir/merchandise dari image artis dan menempatkan penggemar sebagai basis komunitas untuk mendatangkan sponsor.
Music Sales
Toko CD atau situs musik.
Music Business Affair
Merencanakan hingga melaksanakan segala macam urusan bisnis/perdagangan yang berhubungan dengan musik adalah menjadi tanggung jawabnya.
Music Business Development
Pengembangan bisnis musik bertujuan untuk mencari konsumen musik baru dan penetrasi terhadap konsumen yang sudah ada sampai pengembangan penjualan produk musik. Contoh kecil adalah pengembangan penjualan produk musik dari CD ke RBT beberapa tahun lalu.
Music Business Consultant
Profesi ini terutama untuk memperbaiki bisnis musik dari segi manajerial. Konsultasi diberikan untuk membimbing manajemen (operasional, pelatihan tenaga kerja, penerapan teknologi, pengembangan strategi) ke arah yang lebih efisien atau efektif. 
Music Business Lawyer
Karena bisnis musik juga masuk ke dalam wilayah hukum, maka profesi ini juga menjadi bagian dari profesi di dalam bisnis musik dalam sisi legalitas hukum bisnis.
Founder & Manager of Artist Management
Pendiri dan manajer dari manajemen artis bisa mengatasnamakan beberapa artis di dalam organisasinya. Ini untuk membantu pengembangan bakat dan pemasaran artis dalam mengembangkan karirnya. Biasanya perusahaan manajemen artis seperti ini berpengalaman dalam mengembangkan bakat dan karir dari berbagai macam karakter/sosok artis.
Road Manager/Tour Manager
Seseorang yang mengelola segala macam kebutuhan (baik artisnya hingga crew) dalam melakukan kegiatan perjalanan showRoad manajer bertanggung jawab penuh dalam segala kegiatan yang dilakukan artis dan pendukungnya mulai dari persiapan kebutuhan dalam perjalanan, akomodasi di lokasi pertunjukan, hingga proses pembayaran si artis oleh promotor pertunjukan dalam skala kecil. Sedangkan Tour Manager mempunyai wewenang lebih besar karena mengelola perjalanan lebih lama dan jarak yang lebih jauh.
Production Manager
Mengelola sebuah pertunjukan dalam bidang produksi. Membawahi produksi audio & visual dari sebuah pertunjukan musik. Mulai dari sound system yang digunakan sampai set panggung.
Stage Manager
Pengelola panggung di dalam sebuah pertunjukan musik, baik peralatan, perlengkapan dan tenaga kerja yang dilibatkan. Bertanggung jawab terhadap aset yang digunakan maupun waktu pengerjaan.
Show Sound Engineer
Tidak berbeda jauh dengan sound engineer di dalam produksi rekaman, dia juga bertanggung jawab terhadap audio yang dihasilkan saat proses pertunjukan berlangsung.
Technician
Atau teknisi bertanggung jawab terhadap peralatan dari teknologi yang digunakan dalam sebuah pertunjukan musik. Peralatan yang digunakan baik yang menghasilkan output audio maupun visual. Biasanya dalam sebuah pertunjukan terdapat beberapa teknisi dari beberapa spesialisasi keahlian.

(Erwin Prakasa, Studio 42)

No comments: