Tuesday, March 16, 2010

Curug Sindulang Andalan Pariwisata Cicalengka

Selama ini, objek wisata Curug Sindulang yang berlokasi di Desa Tanjungwangi merupakan andalan pariwisata Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Karena setiap hari libur, objek wisata yang berjarak sekitar 11 km dari kantor pemerintahan Kecamatan Cicalengka ini selalu banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan, tiap musim libur Tahun Baru dan Lebaran, kunjungan wisatawan membludak.


“Pada liburan Lebaran kemarin saja, jumlah pengunjung ke objek wisata Curug Sindulang selama seminggu, tidak kurang dari 8.000 orang,” ujar Cucu, seorang petugas tiket.

Dengan membludaknya jumlah kunjungan wisatawan, menurut Cucu, maka pengelola objek wisata Curug Sindulang pun mengerahkan sedikitnya 50 orang petugas penjaga. Harga tiket masuk ke objek wisata ini hanya Rp.3.000/orang. “Harga tiket ini cukup murah untuk sebuah kawasan wisata yang sudah terkenal dengan menjanjikan keindahan parorama ala mini,” sambung Ayi, Sekdes Tanjungwangi.

Namun sayangnya, menurut Ayi, sampai saat ini objek wisata Curug Sindulang belum tersentuh pembangunan oleh dinas terkait. Padahal target perbulanya pihak pengelola yang saat ini masih di pegang desa harus menyetor ke dinas pariwisata sebesar Rp. 300.000 belum petugas penjaga karcis dan termasuk keamanan lainya serta harus menyetor untuk kas desa.

“Setiap bulan, Pemdes Tanjungwangi yang mengelola Curug Sindulanmg harus setor uang ke dinas pariwisata yang sudah di tentukan 300 ribu. Karena itu, kami juga berharap ada perhatian dari dinas terkait untuk menata tempat wisata ini, salah satunya adalah lahan parkir untuk para pengunjung yang belum ada,” jelas Sekdes Tanjungwangi saat berada di lokasi.

Sekdes Tanjungwangi menambahkan, pihak Bapeda sendiri sudah memberi sinyal untuk pengembangan wisata Curug Sindulang. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut, dan yang paling sangat di butuhkan saat ini adalah lahan parkir yang di perkirakan anggaran bisa mencapai Rp 150 juta.Untuk hari-hari biasa pengunjung mencapai 300-400 orang yang umumnya membawa kendaraan sehingga membutuhkan lahan parkir yang cukup luas.

sumber: kabarindonesia.blogspot.com/

No comments: